Selasa, 18 Juni 2013

Sekilas cerita tentang kota depok dan gong si bolong

      Gong Si Bolong merupakan symbol kesenian kota depok yang terkenal,kalo agan-agan sekalian warga depok asli pasti tahu dengan nama gong si bolong, kalau tidak tahu keliahatannya status warga asli depoknya dipertanyakan deh, pertanyaannya mengapa terkenal karena alat tradisional ini memiliki lubang di tengah-tengahnya sehingga dinamakan gong si bolong, weet tunggu dulu kawan gong si bolong ini bukan gong sembarangan, namun gong ini gong yang bertuah atau memiliki aroma mistis, wiihh seru bukan.

       Sebenernya ane pengen ngasih tau agan-agan sekalian tentang riwayat gong si bolong ini, namun karena ane masih ragu, dengan wawasan ane jadi ane mengurungkan niat ane buat ngasih tau di khawatirkan nanti rancu, atau kemane tau kalo bahasa betawi depoknya bilang kaya gitu, tapi untuk sekedar mengurangi rasa penasaran ada cerita sedikit nih tentang gong si bolong, ceritanya gong ini kalau malem-malem tertentu berbunyi sendiri, bukan hanya aslinya namun replikanyapun juga, waaahh, , gimana urusannya, , , nah di daerah perempatan tanah baru ada replica gong si bolong dan beberapa saksi mata mengatakan replica gong si bolong itu berbunyi malem-malem tertentu, ,hingga suatu saat replica gong si bolong tersebut di kemas dengan kain, ,namun terakhir kali saya lihat sudah tidak di kemas lagi, dan kalo penduduk sekitar bilang air gong si bolong dapat menyembuhkan berbagai penyakit, berkah, dan mujarab namun pastinya atas izin Allah SWT.



        Sekian agan-agan itulah sekilas tentang cerita gong si bolong, kalo ane nih yang masih ada benang merahnya menganggapnya sesuatu yang simbolis aja sih tapi sebagai putra daerah ane punya keawajiban untuk melestarikan kebudayaan kota depok, yah paling kaga bisa ngasih tau tentang cerita keseniah dan adat tradisi yang dulu saya alami waktu kecil hingga saat ini ke anak dan cucu, karena itu mencerminkan cirikhas suatu daerah, dengan kaya kota bogor dengan kujangnya,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar