Sabtu, 22 Juni 2013

Artikel adat penikahan betawi Depok

     Assalamualaikum agan-agan yang baik hati dan budiman, yang pandai dan rajin menabung, semoga kita semua diberi kesehatan selalu oleh Allah SWT,   , aminn, , , . oke agan-agan kali  ini saya menulis arikel tentang adat dan seni budaya depok, mengapa depok?, karena saya ini asli orang depok alias betawie depok, dan saya akan mengakat wacana tentang adat pernikahan orang betawie depok beserta pernak pernik didalamnya

   Didalam adat pernikahan betawi depok dengan betawi Jakarta memang sama namun perbedaannya menurut ane Cuma ada pada iringan sama arakannya, kalo betawi Jakarta jika mempelai pria dateng biasanya ada arakan atau iringan ondel-ondel beserta tanjidor, nah kalo betawi depok biasanya pake arakan marawis, persamaannya pasti kalo mempelai pria dateng ada bunyi petasan rentet, di damping oleh palang pintu, nah kesenian palang pintu ini keren gan soalnya, pembukaannya itu ada yang namanya adu pantun dari palang pintu kedua belah pihak, setelah adu pantun selesai baru dah palang pintu dari kedua belah pihak beratraksi pencak silat, dengan pemenangnya pasti dari pendekar pihak mempelai pria, kalo pendekar mempelai pria kalah, kaga jadi kawin dong urusannya, , heheheee, , ,

     Nah disamping itu, biasanya mempelai pria membawa seserahan berupa seperangkat alat solat, mas kawin, roti buaya, makanan, dan kue-kue seperti kue wajik depok, kue dompet, kembang goyang, kue unti, uli dan tape beras, dan dodol betawie. Nah udah jadi tradisi bahwasanya roti buaya memang harus ada dalam seserahan , karena hewan buaya terkenal ganas dan buas, namun menurut kepercayaan orang betawi hewan buaya itu setia kepada pasangannya, nah karena kesetiaannya itu maka di jadikan symbol dalam seserahannya, agar mempelai pria dan wanita itu seling setia hingga akhir hayatnya, biasanya orang betawie depok menghadirkan acara hiburan seperti rebana, sedikit tausiah ustad, itu biasanya untuk acara pada siang hari, nah untuk malemnya biasanyasi hiburan layar tancep kalo jaman dulunya, tapi sekarang mah udah jarang, terus wayang betawie, tapi sekarang kebanyakan pada nanggepin dangdut pada acara hajatannya, mungkin karena lebih ramean kali ya, , , ,


      Oke agan-agan yang baik hati dan sekian wacana yang saya tulis semoga bermanfaat, karena wacana ini saya buat berdasarkan pengalaman saya yang malang melintang sebagai pengejek dalam acara pernikahan masyarakat betawie di lingkungan saya, dan apabila ada kesalahan saya mohon maaf, wassalam, , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar